Senza categoria

Kampus Maranatha Terakreditasi Unggul dan Internasional

Kampus Maranatha Terakreditasi Unggul dan Internasional

Kampus Kristen (UK) Maranatha raih legalisasi lembaga unggul dari Tubuh Legalisasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Keputusan legalisasi diputuskan lewat Surat Keputusan No. 330/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024, tertanggal 20 Maret 2024.

Rektor UK Maranatha Sri Widiyantoro menjelaskan, penyiapan legalisasi sudah dilaksanakan semenjak 2020. Yaitu lewat rangkaian program yang diperkembangkan sebagai cara periode panjang.

“Perubahan UK Maranatha sekian tahun akhir makin cepat, hingga dipandang pantas untuk meng ikuti proses reakreditasi,” tutur Sri di universitas UK Maranatha, Rabu (3/4) malam.

Ia menjelaskan, keunggulan kampus sangat tergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dipunyai. Selainnya mendapatkan legalisasi unggul dari BAN-PT, faksinya mendapatkan legalisasi internasional dari AQAS dan ASIIN.

“Legalisasi lembaga unggul dan legalisasi internasional yang sudah sukses dicapai sejumlah program studi buka kesempatan untuk mahasiswa untuk berkreasi lebih bagus di masa datang, baik dalam atau di luar negeri,” papar Sri.

Joni, Ketua Unit Penjaminan Kualitas UK Maranatha menjelaskan https://upt-ptkk.com/ lima program studi yang sudah terakreditasi internasional. Yaitu, Program Sarjana dan Profesi Kedokteran sudah terakreditasi ASIIN, Program Sarjana Desain Interior, Program Sarjana Akuntansi, dan Sarjana Management sudah terakreditasi AQAS. Lantas, Program Sarjana Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra Tiongkok.

Wakil Rektor Sektor Akademis dan Penelitian Se Tin menambah, faksinya buka program studi baru tingkatan saat sarjana. Hal tersebut adalah usaha sesuaikan perubahan dan keperluan industri. Tahun awalnya, Maranatha sudah buka Program Doktor Ilmu Management.

“Tahun ini UK Maranatha buka Program Magister Teknik Sipil. Perkuliahan angkatan pertama akan diawali pada September 2024 . Maka saat ini tingkatan pendidikan di Maranatha komplet, dimulai dari diploma sampai doktor,” sebut Se Tin.

Kurikulum Merdeka Resmi Jadi Kurikulum Nasional
Ketetapan itu tercantum pada Ketentuan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Penelitian, dan Tehnologi (Permendikbudristek) Nomor 12 Tahun 2024. Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan, secara simpel, arti Kurikulum Merdeka ialah kurikulum yang membuat guru dan siswa suka belajar.

Karenanya, dibikin tiga topik fundamental dalam kurikulum itu. Pertama, materi lebih singkat dan simpel dari sebelumnya. Materi cuma fokus pada content yang fundamental. Tidak dipadatkan titipan dari berbagai jenis faksi yang pada akhirannya siswa yang menjadi korbannya. Beberapa guru juga bukan hanya konsentrasi memburu perolehan kurikulum seperti sebelumnya.

Ke-2 , elastisitas. Itu memberikan kebebasan ke guru untuk mundur dan maju sesuai keperluan siswanya. “Yang semula jangan undur, semua harus di tingkat tertentu, mengajarkan materi tertentu, saat ini bisa mundur dan maju,” katanya dalam penyeluncuran Kurikulum Nasional di Jakarta tempo hari.

Point dapat undur itu dinilai penting. Karena, dengan kebebasan itu, ada peluang yang bisa diberi oleh guru ke pelajar yang alami ketinggalan dalam evaluasi dengan undur kembali. Guru dapat mengulangi kembali materi yang belum sempat terkuasai pelajarnya.

...

Lascia un commento

Il tuo indirizzo email non sarà pubblicato. I campi obbligatori sono contrassegnati *